Cabang Olahraga Bola Besar: Olahraga Seru dan Mengasyikkan

Hello Readers! Kali ini kita akan membahas tentang cabang olahraga bola besar. Olahraga ini memang tidak terlalu populer di Indonesia, namun di beberapa negara, olahraga bola besar sangat digemari dan bahkan menjadi olahraga nasional. Apa itu cabang olahraga bola besar? Mari kita simak ulasan lengkapnya.

Apa itu Cabang Olahraga Bola Besar?

Cabang olahraga bola besar atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Sepak Takraw adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Olahraga ini menggabungkan teknik-teknik sepak bola, bola voli dan seni bela diri.

Di Indonesia, olahraga ini masih tergolong kurang populer dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti sepak bola, bulu tangkis atau basket. Namun, di negara-negara seperti Thailand, Malaysia, Filipina, dan Laos, olahraga ini sangat digemari dan bahkan menjadi olahraga nasional.

Cara Bermain Cabang Olahraga Bola Besar

Untuk bermain cabang olahraga bola besar, kita membutuhkan lapangan yang cukup luas dan tinggi. Lapangan yang digunakan untuk cabang olahraga bola besar memiliki panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter. Tinggi net yang digunakan adalah 1,52 meter untuk putra dan 1,42 meter untuk putri.

Cara bermainnya cukup sederhana, pemain harus memainkan bola dengan kaki, dada, kepala atau bahkan dengan bagian tubuh lainnya. Pemain harus memastikan bola tidak jatuh ke lapangan saat dipukul. Setiap tim memiliki tiga kali kesempatan untuk memainkan bola sebelum melemparkan bola ke lapangan lawan.

Keuntungan Bermain Cabang Olahraga Bola Besar

Bermain cabang olahraga bola besar memiliki banyak keuntungan. Pertama, olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Kedua, olahraga ini juga dapat meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi tubuh.

Selain itu, bermain cabang olahraga bola besar juga dapat mengembangkan kemampuan kerjasama tim dan strategi di lapangan. Kedua hal ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja.

Turnamen Cabang Olahraga Bola Besar Terbesar di Dunia

Terdapat beberapa turnamen cabang olahraga bola besar terbesar di dunia. Salah satunya adalah King’s Cup World Championship yang diadakan di Thailand. Turnamen ini diikuti oleh banyak negara dan menjadi ajang pertandingan cabang olahraga bola besar paling bergengsi di dunia.

Selain itu, ada juga ISTAF World Cup yang diadakan setiap dua tahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh banyak negara dan menjadi ajang pertandingan cabang olahraga bola besar tingkat dunia.

Cabang Olahraga Bola Besar di Indonesia

Di Indonesia, cabang olahraga bola besar mulai dikenal sejak tahun 1980-an. Namun, hingga saat ini olahraga ini masih kurang populer di Indonesia.

Beberapa prestasi cabang olahraga bola besar Indonesia antara lain meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII di Riau tahun 2012 dan medali perak pada ASEAN School Games di Thailand tahun 2016.

Perkembangan Cabang Olahraga Bola Besar di Indonesia

Perkembangan cabang olahraga bola besar di Indonesia masih tergolong lambat. Namun, beberapa upaya telah dilakukan untuk memperkenalkan olahraga ini pada masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah dengan mengadakan turnamen cabang olahraga bola besar seperti Kejuaraan Sepak Takraw Indonesia (KSTI) yang diadakan setiap tahunnya. Selain itu, beberapa sekolah juga mulai memperkenalkan olahraga ini sebagai salah satu ekstrakurikuler.

Kesimpulan

Cabang olahraga bola besar memang tidak terlalu populer di Indonesia, namun di beberapa negara, olahraga ini sangat digemari dan bahkan menjadi olahraga nasional. Bermain cabang olahraga bola besar memiliki banyak keuntungan seperti meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, mengembangkan keterampilan motorik dan koordinasi tubuh, serta meningkatkan kemampuan kerjasama tim dan strategi di lapangan.

Perkembangan cabang olahraga bola besar di Indonesia masih tergolong lambat, namun beberapa upaya telah dilakukan untuk memperkenalkan olahraga ini pada masyarakat Indonesia. Semoga olahraga ini semakin dikenal dan berkembang di Indonesia.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!