Peraturan-Peraturan Futsal yang Wajib Dipahami oleh Pemain dan Wasit

Hello, Readers! Apakah kamu suka bermain futsal? Atau mungkin kamu seorang wasit? Apapun itu, penting untuk kamu mengetahui peraturan-peraturan futsal yang wajib dipahami. Dalam artikel ini, kita akan membahas peraturan-peraturan tersebut agar kamu bisa bermain dengan fair dan meraih kemenangan dengan jujur.

1. Jumlah Pemain

Setiap tim terdiri dari lima pemain, termasuk kiper. Adapun jumlah pemain cadangan tergantung pada aturan kompetisi yang diikuti.

2. Durasi Pertandingan

Waktu pertandingan terdiri dari dua babak dengan masing-masing durasi 20 menit. Ada istirahat singkat antara babak pertama dan kedua. Jika ada perpanjangan waktu, durasinya adalah dua kali lima menit.

3. Bola dalam Permainan

Bola dalam permainan harus memiliki berat dan ukuran tertentu. Selain itu, bola harus dipompa dengan tekanan udara yang sesuai. Jika bola keluar lapangan, wasit akan memberikan tendangan sudut atau tendangan gawang, tergantung pada siapa yang terakhir menyentuh bola.

4. Tendangan Sudut

Tendangan sudut dilakukan ketika bola keluar lapangan melalui garis gawang setelah disentuh oleh pemain bertahan atau kiper lawan. Pemain yang melakukan tendangan sudut harus memasukkan bola ke dalam lapangan dengan tendangan satu kali.

5. Tendangan Gawang

Tendangan gawang diberikan ketika bola keluar lapangan melalui garis gawang setelah disentuh oleh pemain penyerang. Pemain yang melakukan tendangan gawang harus memasukkan bola ke dalam lapangan dengan tendangan satu kali.

6. Lemparan Gawang

Lemparan gawang dilakukan oleh kiper ketika bola keluar lapangan melalui garis gawang setelah disentuh oleh pemain penyerang. Kiper harus melempar bola dengan tangan atau melemparkan bola dengan kaki dari dalam kotak penalti.

7. Kartu Kuning dan Merah

Kartu kuning diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran ringan, sedangkan kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat atau pelanggaran yang mengakibatkan cedera pada pemain lawan. Pemain yang menerima kartu merah harus meninggalkan lapangan dan tidak diperbolehkan kembali ke lapangan selama sisa pertandingan.

8. Pelanggaran

Pelanggaran yang dianggap berat adalah pelanggaran yang mengakibatkan cedera pada pemain lawan atau mengganggu permainan. Pelanggaran yang dianggap ringan adalah pelanggaran yang tidak memiliki dampak besar pada permainan atau tidak mengakibatkan cedera pada pemain lawan. Wasit akan memberikan tendangan bebas atau tendangan penalti tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan.

9. Tendangan Bebas

Tendangan bebas diberikan kepada tim yang melakukan pelanggaran. Pemain yang melakukan tendangan bebas harus memasukkan bola ke dalam lapangan dengan tendangan satu kali.

10. Tendangan Penalti

Tendangan penalti diberikan ketika terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti oleh pemain bertahan. Pemain yang melakukan tendangan penalti harus memasukkan bola ke dalam gawang dengan tendangan satu kali.

11. Tekanan pada Lawan

Tekanan pada lawan harus dilakukan dengan fair. Pemain tidak boleh melakukan tekel, menginjak kaki, atau melakukan tindakan kasar lainnya pada lawan. Wasit akan memberikan kartu kuning atau merah tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

12. Offside

Offside terjadi ketika pemain penyerang berada di depan pemain bertahan dan bola dipass kepadanya. Pemain penyerang yang berada di offside tidak boleh menyentuh bola atau terlibat dalam permainan sampai dia kembali ke posisi yang tepat. Wasit akan memberikan tendangan bebas kepada tim bertahan.

13. Pergantian Pemain

Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja selama pertandingan. Pemain yang ingin digantikan harus meninggalkan lapangan melalui garis samping lapangan sebelum penggantinya masuk.

14. Kiper

Kiper hanya boleh menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam kotak penalti. Jika kiper menyentuh bola di luar kotak penalti, wasit akan memberikan tendangan bebas kepada tim lawan.

15. Wasit

Wasit adalah otoritas tertinggi selama pertandingan. Keputusan wasit harus dihormati oleh semua pemain dan official.

16. Hakim Garis

Hakim garis bertugas membantu wasit dalam membuat keputusan. Posisi hakim garis adalah di sisi lapangan.

17. Waktu Istirahat

Waktu istirahat antara babak pertama dan kedua tidak boleh lebih dari lima menit. Wasit dapat memberikan tambahan waktu istirahat jika diperlukan.

18. Pakaian

Pakaian harus sesuai dengan aturan kompetisi. Pemain harus memakai sepatu futsal dan kaus yang memungkinkan wasit membedakan antara tim yang berbeda.

19. Fair Play

Futsal adalah olahraga yang fair dan jujur. Pemain harus bermain dengan sportifitas dan menghormati lawan. Semua pemain harus berusaha memenangkan pertandingan dengan fair dan tidak melakukan tindakan tidak sportif atau kasar.

20. Kesimpulan

Dalam bermain futsal, kamu harus memahami peraturan-peraturan yang berlaku agar kamu bisa bermain dengan fair dan meraih kemenangan dengan jujur. Selalu ingat untuk bermain dengan sportifitas dan menghormati lawan. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya!