Peraturan Volly: Panduan Lengkap untuk Pemain dan Pencinta Olahraga

Kenali Peraturan Volly Sebelum Bermain

Hi Readers! Siapa yang tidak kenal dengan olahraga volly? Olahraga yang dimainkan dengan memukul bola menggunakan tangan ini memang sangat populer di kalangan masyarakat. Namun, sebelum terjun ke lapangan volly, kamu harus mengenal peraturan volly terlebih dahulu. Dalam artikel ini, kami akan membahas peraturan volly secara lengkap mulai dari aturan dasar hingga peraturan yang lebih kompleks. Simak terus ya!

1. Jumlah Pemain

Pertandingan volly biasanya dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari enam orang pemain. Tiga pemain berada di depan dan tiga pemain lagi berada di belakang. Selain itu, setiap tim juga diwajibkan untuk memiliki pemain cadangan. Jadi, total pemain dalam satu tim adalah tujuh orang.

2. Meja Wasit

Meja wasit merupakan area yang terdapat di samping lapangan volly. Di meja wasit ini terdapat dua orang wasit yang mengatur jalannya pertandingan volly. Selain itu, meja wasit juga berfungsi sebagai penghitung skor dan penunjuk waktu.

3. Area Lapangan

Lapangan volly memiliki ukuran 18 meter x 9 meter dengan garis batas di sekelilingnya. Garis batas ini memiliki lebar 5 cm dan berwarna putih. Lapangan volly juga di bagi menjadi dua bagian, yaitu area depan dan area belakang.

4. Cara Memainkan Bola

Bola dalam permainan volly harus dimainkan dengan menggunakan tangan atau lengan. Pemain volly dilarang menggunakan bagian tubuh lainnya seperti kaki, kepala, atau dada. Selain itu, pemain juga tidak boleh menendang, memukul, atau menangkap bola.

5. Servis

Servis merupakan cara memulai pertandingan volly. Pemain yang melakukan servis harus berada di belakang garis servis dan melempar bola ke udara untuk kemudian dipukul menggunakan tangan atau lengan. Jika servis berhasil, maka tim yang melakukan servis akan mendapatkan satu poin.

6. Rally Point System

Rally Point System merupakan sistem skor dalam pertandingan volly. Setiap kali ada kesalahan dalam permainan, baik itu kesalahan sendiri maupun kesalahan lawan, maka tim lawan akan mendapatkan satu poin. Begitu juga sebaliknya. Jadi, setiap poin sangat berharga dalam pertandingan volly.

7. Rotation System

Rotation System merupakan sistem pergantian posisi pemain dalam pertandingan volly. Setiap kali tim melakukan servis, maka posisi pemain akan bergeser searah jarum jam. Pemain yang sebelumnya berada di area depan akan bergeser ke area belakang dan sebaliknya.

8. Substitusi

Substitusi dalam pertandingan volly hanya dapat dilakukan sebanyak enam kali. Setiap kali pemain diganti, maka pemain yang masuk harus memiliki nomor punggung yang sama dengan pemain yang digantikan. Selain itu, substitusi hanya dapat dilakukan pada saat pergantian posisi pemain.

9. Time Out

Time Out adalah istilah yang digunakan untuk meminta waktu istirahat dalam pertandingan volly. Setiap tim diberikan dua kali kesempatan Time Out dalam satu set. Setiap Time Out memiliki durasi 30 detik.

10. Poin Kemenangan

Poin kemenangan dalam pertandingan volly adalah 25 poin. Namun, jika terjadi keadaan imbang di poin 24-24, maka pertandingan dilanjutkan hingga salah satu tim mendapatkan dua poin lebih banyak dari lawannya.

11. Peraturan Volly untuk Kategori Junior

Peraturan volly untuk kategori junior memiliki beberapa perbedaan dengan peraturan volly untuk kategori senior. Salah satu perbedaannya adalah jumlah pemain. Dalam pertandingan volly kategori junior, masing-masing tim hanya terdiri dari empat orang pemain.

12. Peraturan Volly untuk Kategori Master

Peraturan volly untuk kategori master juga memiliki beberapa perbedaan dengan peraturan volly untuk kategori senior. Salah satu perbedaannya adalah ukuran lapangan yang lebih kecil yaitu 16 meter x 8 meter.

13. Peraturan Volly untuk Kategori Putri

Peraturan volly untuk kategori putri sama dengan peraturan volly untuk kategori putra. Namun, ada beberapa perbedaan seperti tinggi net yang lebih rendah yaitu 2,24 meter dan berat bola yang lebih ringan yaitu 200-220 gram.

14. Peraturan Volly untuk Kategori Pria

Peraturan volly untuk kategori pria memiliki beberapa perbedaan dengan peraturan volly untuk kategori putri. Tinggi net untuk kategori pria adalah 2,43 meter dan berat bola yang digunakan adalah 260-280 gram.

15. Peraturan Volly untuk Kategori Internasional

Peraturan volly untuk kategori internasional sama dengan peraturan volly untuk kategori senior. Namun, ada beberapa perbedaan seperti jumlah pemain cadangan yang dapat digunakan yaitu 12 orang dan ukuran lapangan yang lebih panjang yaitu 20 meter x 12 meter.

16. Peraturan Volly untuk Para Atlet

Peraturan volly untuk para atlet memiliki beberapa perbedaan dengan peraturan volly untuk atlet biasa. Salah satu perbedaannya adalah bola yang digunakan lebih ringan dan ukuran lapangan yang lebih kecil.

17. Peraturan Volly di Indonesia

Peraturan volly di Indonesia mengacu pada peraturan volly internasional. Namun, ada beberapa perbedaan seperti jumlah pemain cadangan yang hanya dapat digunakan sebanyak 6 orang.

18. Sanksi dalam Peraturan Volly

Setiap pelanggaran peraturan volly akan dikenai sanksi. Sanksi ini dapat berupa pemberian poin kepada tim lawan atau pengurangan poin kepada tim yang melanggar. Selain itu, pelanggaran berat dapat menyebabkan pemain diskualifikasi dari pertandingan.

19. Kesimpulan

Itulah beberapa peraturan volly yang harus kamu ketahui sebelum bermain. Dengan mengenal peraturan volly secara lengkap, kamu akan memiliki kemampuan untuk bermain volly dengan baik dan benar. Jangan lupa selalu menjaga sportivitas saat bermain volly ya!

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya