Voli Ball Dunia: Mengenal Sejarah, Aturan, dan Pemain Terbaik

Sejarah Voli Ball Dunia

Hello Readers! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga voli ball. Olahraga ini telah menjadi salah satu cabang olahraga yang paling digemari di seluruh dunia. Voli ball pertama kali diperkenalkan pada tahun 1895 oleh seorang guru olahraga asal Amerika Serikat bernama William G. Morgan. Ia menciptakan permainan voli ball sebagai alternatif untuk basket ball yang terlalu keras bagi para siswa wanita di sekolahnya.Permainan voli ball kemudian semakin populer dan pada tahun 1947, terbentuklah Federasi Bola Voli Internasional atau FIVB. FIVB menjadi organisasi pengatur voli ball dunia dan mengatur kompetisi tingkat internasional seperti Piala Dunia, Kejuaraan Dunia, dan Olimpiade.

Aturan Bermain Voli Ball

Setiap olahraga pasti memiliki aturan dan voli ball pun tak terkecuali. Aturan dasar voli ball adalah terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan enam orang. Tujuan permainan adalah memukul bola ke lapangan lawan dan menghindari bola jatuh ke lapangan sendiri.Setiap tim hanya boleh menyentuh bola tiga kali sebelum harus mengembalikan bola ke lapangan lawan. Pada setiap sentuhan bola, pemain harus memukul bola menggunakan bagian tubuh di atas pinggang. Jadi, pemain tidak boleh menyentuh bola dengan kaki atau bawah pinggang.

Pemain Terbaik Voli Ball Dunia

Voli ball merupakan olahraga yang membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi yang baik antar pemain. Beberapa pemain voli ball dunia yang dianggap sebagai pemain terbaik antara lain Karch Kiraly, Regla Torres, dan Giba.Karch Kiraly adalah pemain voli ball asal Amerika Serikat yang berhasil meraih tiga medali emas Olimpiade dan meraih gelar MVP di dua Olimpiade. Sedangkan, Regla Torres adalah pemain voli ball asal Kuba yang menjadi bintang dalam tim voli ball Kuba pada tahun 1990-an. Giba adalah pemain voli ball asal Brasil yang berhasil meraih tiga medali emas Olimpiade dan meraih gelar MVP pada Olimpiade 2004.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai voli ball dunia. Olahraga ini memang menjadi favorit di seluruh dunia karena dapat dimainkan oleh siapa saja. Selain itu, voli ball juga membutuhkan strategi dan kerja sama yang baik antar pemain. Jadi, ayo jangan ragu untuk mencoba bermain voli ball bersama teman-temanmu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!